[Tugas 6] Decision Support System

Chapter 11_Decision Support SystemDalam tugas ke-6 mata kuliah Management Information System, saya ditugaskan untuk menerjemahkan buku “Management Information System” karangan McLeod.

Manajer membuat banyak keputusan untuk mengatasi masalah. Penyelesaian masalah dicapai dengan empat tahapan dasar dan menggunakan kerangka berpikir sebagai model sistem umum dari sebuah perusahaan dan model lingkungan. Dengan menggunakan pendekatan sistem untuk mengatasi suatu masalah, manajer melihat sistem secara keseluruhan.

Proses pemecahan masalah terdiri dari empat elemen dasar: standar, informasi, batasan, dan solusi alternatif. Jika proses ini diikuti, pemilihan alternative yang terbaik tidak selalu dicapai dengann analisis logis saja dan ini penting untuk membedakan permasalahan dan gejala.

Masalah dapat bervariasi dalam struktur, dan keputusan untuk menyelesaikan masalah dapat terprogram ataupun tidak terprogram. Konsep Decision Support System (DSS) awalnya ditujukan untuk masalah semi-stuktur. Hasil awal dari DSS terdiri dari laporan dan keluaran dari model matematika. Kemudian, kemampuan dari sekelompok penyelesaian masalah ditambahkan yang diikuti dengan kecerdasan buatan dan on-line analytical processing (OLAP).

Model matematika dapat diklasifikasi kedalam beberapa cara dan penggunaan dari model matematika ini disebut simulasi. Lembar kerja elektronik merupakan alat pemodelan matematika yang baik. Lembar kerja elektronik dapat digunakan baik untuk model statis dan dinamis dan memungkinan majer untuk memainkan permainan “what-if”.

Kecerdasan buatan dapat menjadi salah satu komponen dari DSS. Dengan menambahkan pengetahuan dasar dan mesin inferensi, DSS dapat menawarkan penyelesaian masalah kepada manajer.

Ketika groupware ditambahbakan kedalam DSS, DSS menjadi sebuah group decision support system (GDSS). GDSS dapat diletakkan di beberapa tempat yang berbeda agar kondusif terhadap pemecahan masalh kelompok.

Semoga Bermanfaat 🙂

Untuk lebih lengkapnya, bisa di cek file yang terdapat dalam pos ini.

2 pemikiran pada “[Tugas 6] Decision Support System

Tinggalkan komentar